Stata Part 1: Stata Dasar - Kelas Ekonomika

Post Top Ad

Friday, March 23, 2018

Stata Part 1: Stata Dasar

Bagi mahasiswa ekonomika, statistik berperan sangat penting terutama pada saat malakukan penelitian, baik untuk tugas matakuiah ataupun untuk skripsi, tesis maupun disertasi. Tentu tidak perlu jauh-jauh menguasai teknis rumus perhitungan cacing-cacing statistik mean, varian, error term, inference, bias, dll. Biarkan anak statistik yang menyelesaikannya.  

Beruntung, telah berkembang banyak sotftware statistik yang dapat memudahkan mahasiswa non-statistik untuk menghitung variabel-variabel statistik. Beberapa software cukup familiar di dunia perkuliahan antara lain: SPSS, eViews, Stata, dan R. Bisa dibilang SPSS dan eViews adalah software statistik yang paling mudah (user friendly) karena tools yang disediakan memang tinggal klik-klik saja. Lain hanya dengan Stata dan R. Stata dapat dibilang lebih advance daripada SPSS dan eviews, namun lebih inferior jika dibandingkan dengan R. Stata dan R membutuhkan kode-kode (syntax) tertentu untuk mendapatkan hasil perhitungan statistik yang diinginkan, tidak semata-mata klik-klik saja. Sebanding dengan tingkat kerumitannya, Stata dan R memberikan fleksibelitas dan kustomisasi yang lebih luas. 

Berikut adalah tabel rangkuman perbedaan dari software-software statistik yang ada:

Pembeda
Stata
SPSS
SAS
R
Learning curve
Curam, bertahap
Datar, bertahap
Cukup curam
Cukup Curam
User interface
Programming/point-and-click
Mostly point-and-click
Programming
Programming
Data manipulation
Very strong
Moderate
Very strong
Very strong
Data analysis
Powerful
Powerful
Powerful/versatile
Powerful/versatile
Graphics
Very good
Very good
Good
Exccellent
Cost
Affordable (perpetual licenses, renew only when upgrade)
Expensive (but not need to renew until upgrade, long term licenses)
Expensive
Open source (free)

Untuk mahasiswa ekonomika sebaiknya menguasai software yang mana? SPSS dan eViews relatif lebih mudah dipelajari, namun juga berarti kurang powerful untuk menyelesaikan tugas statistik yang rumit. Sedangkan R membutuhkan usaha yang keras untuk menguasainya karena bahasa syntax yang digunakan setara dengan bahasa pemrograman. Jika kalian hobi dan telah memiliki pengetahuan dasar pemrograman, boleh lah menggunakan software R. Nah, bagaimana dengan Stata? Stata relatif mudah jika dibandingkan dengan R, namun sangat powerful untuk menyelesaikan berbagai macam tugas statistik. Oleh karena itu, stata adalah software statistik yang paling direkomendasikan bagi para mahasiswa eonomika maupun bidang studi statistik terapan lainnya. 

Baiklah, mari kita berkenalan dengan Stata. Pada diskusi kali ini, saya akan menggunakan Stata 14, walaupun sekarang sudah muncul Stata 15.

MEMULAI STATA

Jika stata sudah terinstall dengan baik di komputer, maka tinggal jalankan saja Stata dengan cara double click pada icon stata, sama seperti membuka software biasanya. Hingga muncul tampilan seperti berikut ini.



MEMBUKA/MENGIMPORT DOKUMEN

Seperti software pengolah data lainnya, data yang diolah dengan menggunakan stata disusun dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Tiap kolom mewakili satu variabel. Di dalam Stata 14 standar, jumlah variabel yang dapat digunakan maksimal adalah 5000 variabel. Data yang dapat diolah di dalam stata dapat berupa data excel (.xls atau .xlsx) maupun data orisinal stata (.dta). Selain itu, jenis data text data, SAS, Haver analytic database, ODBC data source, dan XML data juga dapat dianalisis dengan menggunakan stata. Berikut adalah langkah-langkah membuka/mengimport data ke stata.

  • Klik "file"
  • Pilih "open" jika data yang akan dibuka adalah data dalam bentuk .dta, kemudian cari direktori tempat dimana file .dta di simpan. Selesai.
  • Pilih "import" jika data yang akan dibuka adalah data selain dalam bentuk .dta, misalnya .xls, .xlsx, .csv, dll.
  • Berikut adalah contoh apabila hendak membuka data dalam format excel.

file - import - excel spreadsheet - browse, kemudian pilih direktori letak dimana file excel disimpan.

Beri tanda checklist pada opsi "Import first row as variable names" jika peneliti menghendaki baris pertama pada setiap kolom yang terdapat pada file excel akan dijadikan nama variabel untuk tabel di stata. Kemudian klik OK.




Selesai.

Dan data siap diolah. Klik "Data Editor" pada baris menu tools untuk melihat bagaimana bentuk tabel yang telah berhasil dibuka di dalam stata.

1 comment:

ruang diskusi:

Post Top Ad