Menu
Kelas Ekonomika

Kunci Jawaban (Solutions) Untuk Ekonomika Publik / Keuangan Publik (Public Finance)

Halo teman-teman pembelajar ekonomika!

Untuk kepentingan belajar, berikut adalah postingan berisi kunci jawaban untuk buku Public Finance, Eighth Edition, by Harvey S. Rosen and Ted Gayer. Selamat belajar ya..

Chapter 1 - Introduction

1.a. Pernyataan Putin konsisten dengan konsepsi organik pemerintah. Individu dan tujuan mereka kurang penting daripada negara.

1.b. Locke membuat pernyataan yang jelas tentang pandangan mekanistik tentang negara di mana kebebasan individu sangat penting.

2. Libertarian percaya pada pemerintah yang sangat terbatas dan skeptis tentang kemampuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Kaum sosial demokrat percaya bahwa intervensi pemerintah yang substansial diperlukan untuk kebaikan individu. Seseorang dengan konsepsi organik negara meyakini bahwa tujuan masyarakat ditentukan oleh negara dan individu dinilai hanya oleh kontribusi mereka terhadap realisasi tujuan sosial.

2.a. Undang-undang yang melarang perjudian mungkin akan ditentang oleh seorang libertarian dan didukung oleh seorang sosial demokrat. Seseorang dengan konsepsi organik negara bagian pertama-tama akan memutuskan apakah judi akan membantu mencapai tujuan negara sebelum mengambil posisi dalam masalah ini. Jika pandangannya adalah bahwa perjudian membuat individu menjadi tidak produktif, maka seseorang dengan pandangan organik mungkin akan mendukung untuk melarangnya, tetapi jika perjudian dianggap sebagai cara yang baik untuk meningkatkan lebih banyak pendapatan bagi negara, maka mereka mungkin menentang larangan tersebut.

2.b. Libertarian menentang undang-undang yang mewajibkan penggunaan sabuk pengaman, dengan alasan bahwa orang-orang dapat memutuskan apakah akan menggunakan sabuk pengaman atau tidak tanpa paksaan pemerintah. Demokrat sosial mengambil posisi bahwa mandat menyelamatkan hidup dan pada akhirnya bermanfaat bagi individu. Pandangan organik mungkin akan mengarah pada mendukung mandat dengan alasan bahwa pengurangan biaya perawatan kesehatan yang disebabkan oleh lebih sedikit kecelakaan bermanfaat bagi masyarakat.

2.c. Libertarian menentang undang-undang yang mewajibkan kursi keselamatan anak, dengan alasan bahwa individu dapat memutuskan apakah akan menggunakan kursi keselamatan anak atau tidak tanpa paksaan pemerintah. Demokrat sosial mengambil posisi bahwa mandat menyelamatkan hidup dan pada akhirnya bermanfaat bagi individu. Pandangan organik mungkin akan mengarah pada mendukung mandat dengan alasan bahwa pengurangan biaya perawatan kesehatan yang disebabkan oleh lebih sedikit kecelakaan bermanfaat bagi masyarakat.

2.dLibertarian mungkin akan menentang undang-undang yang melarang prostitusi, sementara kaum sosial demokrat kemungkinan akan mendukung hukum semacam itu. Pandangan organik tergantung pada jenis pembuat kebijakan masyarakat yang ingin dicapai. Hukum mungkin akan disukai karena alasan moral.

2.e. Libertarian mungkin akan menentang undang-undang yang melarang poligami, sementara kaum sosial demokrat kemungkinan akan mendukung hukum semacam itu. Pandangan organik tergantung pada jenis pembuat kebijakan masyarakat yang ingin dicapai. Hukum mungkin akan disukai karena alasan moral.

2.f. Libertarian kemungkinan akan menentang hukum, percaya bahwa pemilik bisnis individu harus membuat keputusan tentang bahasa yang digunakan untuk tanda-tanda mereka. Kaum demokrat sosial mungkin juga akan menentang hukum untuk mendorong masyarakat yang lebih inklusif. Mereka yang berpandangan organik mungkin akan mendukung hukum jika mereka berpandangan bahwa setiap anggota masyarakat harus berbicara dalam bahasa asli.

3. Pandangan mekanistik pemerintah mengatakan bahwa pemerintah adalah alat yang diciptakan oleh individu untuk mencapai tujuan individu mereka dengan lebih baik. Dalam tradisi mekanistik, orang bisa tidak setuju pada pajak obesitas. Libertarian akan mengatakan bahwa orang dapat memutuskan apa yang terbaik untuk diri mereka sendiri - apakah akan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi - dan tidak perlu dorongan dari pemerintah. Sebaliknya, kaum sosial demokrat mungkin berpendapat bahwa orang-orang terlalu pendek untuk mengetahui apa yang baik bagi mereka, sehingga bujukan yang disediakan pemerintah sesuai.

4.a. Jika ukuran pemerintah diukur dengan pengeluaran langsung, mandat tidak secara langsung meningkatkannya. Biaya kepatuhan, bagaimanapun, mungkin tinggi dan akan muncul sebagai peningkatan dalam "anggaran pengaturan."

4.b. Undang-undang ini tidak akan meningkatkan pengeluaran pemerintah, tetapi tingginya biaya kepatuhan akan meningkatkan anggaran peraturan.

4.c. Sulit untuk mengatakan apakah ini merupakan peningkatan atau penurunan ukuran pemerintahan. Satu kemungkinan adalah bahwa PDB tetap sama, dan pembelian barang dan jasa pemerintah turun. Lain adalah bahwa pembelian barang dan jasa pemerintah tumbuh, tetapi pada tingkat yang lebih lambat dari PDB. Seseorang juga harus mempertimbangkan kredit federal dan kegiatan pengaturan yang bertepatan dan anggaran negara bagian dan lokal.

4.d. Anggaran federal akan berkurang jika hibah-bantuan dikurangi. Namun, jika pemerintah negara bagian dan lokal mengimbangi ini dengan menaikkan pajak, ukuran sektor pemerintah secara keseluruhan tidak akan turun sebanyak yang diperkirakan.

5. Inflasi mengikis nilai riil utang sebesar 0,016 x £ 420 miliar atau £ 6,72 miliar. Fakta bahwa inflasi mengurangi kewajiban utang riil berarti angka ini harus dimasukkan sebagai pendapatan kepada pemerintah.

6. Pemerintah federal tumbuh sebesar $ 910 miliar. Namun, karena tingkat harga naik sebesar 24 persen, dalam hal dolar tahun 2005 ini sama dengan peningkatan nyata $ 540 miliar (= $ 2,47 triliun - 1,24 * $ 1,56 triliun = $ 2,47 triliun - $ 1,93 triliun). Sebagai bagian dari PDB, pengeluaran federal pada tahun 1996 adalah 19,9 persen ($ 1,56 triliun / $ 7,82 triliun) dan pada tahun 2005 adalah 19,8 persen ($ 2,47 triliun / $ 12,48 triliun). Oleh karena itu, ukuran pemerintahan tumbuh secara absolut dan turun relatif sedikit. Untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap, orang ingin data tentang populasi (untuk menghitung pengeluaran riil per kapita). Juga, akan berguna untuk menambah pengeluaran oleh pemerintah negara bagian dan lokal, untuk melihat apakah ukuran total pemerintah turun. Juga, meskipun akan lebih sulit untuk diukur, orang ingin mencoba untuk mendapatkan beberapa pengertian tentang bagaimana beban regulasi pada ekonomi tumbuh selama periode waktu ini.

7. Dibandingkan dengan PDB, belanja pertahanan tumbuh dari 4,9 persen dari PDB pada tahun 1981 menjadi 5,8 persen dari PDB pada tahun 1985 dan kemudian tumbuh dari 2,9 persen dari PDB pada tahun 2001 menjadi 3,8 persen dari PDB pada tahun 2005. Peningkatan dari tahun 2001 hingga 2005 secara proporsional lebih besar.

No comments

ruang diskusi: