Stata Part 2: Mengenal Fitur-Fitur Yang Ada Dalam Stata - Kelas Ekonomika

Post Top Ad

Monday, November 2, 2020

Stata Part 2: Mengenal Fitur-Fitur Yang Ada Dalam Stata

Halo teman-teman, kembali lagi kita bahas Stata ya. Kali ini mari kita bahas satu-satu fitur-fitur yang ada di dalam Stata. Bagi teman-teman yang sama sekali belum kenal Stata, ada baiknya untuk membaca postingan Stata Part 1: Stata Dasar

Oke setelah mengetahui apa itu Stata dan bagaimana cara membuka aplikasi Stata melalui postingan Stata Part 1 tersebut, sekarang mari kita bahas fitur-fitur yang ada dalam Stata.




INTERACTIVE (MENU) 
Pada bagian Interaktif atau Menu terdapat 8 tombol antara lain:
  • File
  • Edit
  • Data
  • Graphics
  • Statistics
  • User
  • Window
  • Help
Dengan fitur ini, pengguna Stata bisa merintahkan Stata dengan hanya menekan-nekan tombol yang tersedia pada baris menu tersebut tanpa harus bersusah payah menuliskan syntax secara manual. Ini sangat membantu pada saat kita lupa syntax. Oya, teman-teman harus tahu bahwa keunggulan yang dimiliki Stata ini salah satunya sebenarnya adalah perintah berupa syntax yang dapat didokumentasikan (disimpan) dalam file yang namanya dofile. Namun demikian, keberadaan menu tersebut juga masih diperlukan dan bisa sangat membantu pengguna. 

Oke, mari lihat fungsi masing-masing menu.
  • File, menu File terdiri dari beberapa fungsi seperti pada gambar berikut.
    Tenang, kita tidak perlu menghafal semua fungsi tersebut. Fungsi yang akan sering kita gunakan adalah Open, Save / SaveAs, Import, Export, dan Print.
    • Fungsi Open digunakan untuk membuka file. Perlu teman-teman ketahui bahwa setidaknya ada 2 macam file yang ada di Stata yang perlu taman-teman ketahui, yaitu file dataset (.dta) dan dofile (.do).  
      • File .dta merupakan file yang berisi data yang kita olah. Semacam tabel data. Teman-teman harus hati-hati waktu melakukan penyimanan file .dta ini karena tabel data yang tersimpan adalah tabel data yang terakhir kita olah. Untuk menghindari rusaknya/teracaknya tabel data utama (master / data mentahan / data awal / atau entah apa kita menyebutnya) akibat pengolahan yang kita lakukan, teman-teman sebaiknya menimpan file tabel utama tersebut dengan nama tersendiri dan jangan melakukan Save. Apabila teman-teman ingin menyimpan tabel data terkini, sebaiknya disimpan dengan SaveAs. Ini akan menciptakan file dataset yang baru, tidak merusak dataset utama tadi.
      • File .do merupakan file yang berisi text command (syntax). Mirip dengen notepad, dofile ini hanya berfungsi sebagai media untuk menulis dan menyimpan syntax-syntax yang kita lakukan pada saat melakukan pengolahan dataset dan pengolahan statistik. Dengan bantuan dofile ini, pekerjaan kita akan terdokumentasi dengan baik sehingga kita dapat menggunakannya lagi untuk melakukan pengolahan data dan statistik yang sejenis  di waktu yang akan datang.
    • Fungsi Save / SaveAs digunakan untuk menyimpan file data set (.dta)
    • Fungsi Import digunakan untuk mengambil data dengan format selain .dta 
    • Fungsi Export digunakan untuk menyimpan data dengan format selain .dta
    • Fungsi Print digunakan untuk mencetak hasil pengolahan statistik (result)
  • Edit, menu Edit terdiri dari beberapa fungsi seperti pada gambar berikut: 
    Teman-teman tidak perlu berkutat banyak pada menu edit ini karena fungsinya hampr saya seperti menu edit pada umumnya. Ada copy, paste, find. Satu yang agak spesial yaitu fungsi Clear Result Window yang digunakan untuk menghapus hasil pengolahan statistik yang tampil di halaman Result. Ini akan sangat membantu ketika kita melakukan command statistik yang banyak sehingga memenuhi halaman result. Hapus saja, toh command yang kita lakukan sudah tersimpan  di kolom  command atau bahkan di dofile (jika kita mengolah data melalui file dofile).
  • Data, menu Data berfungsi untuk melakukan pengubahan data, misalnya menambah data, menambah kolom/baris, menghapus kolom/baris, sort data, dan lainnya. Berikut adalah fungsi yang terdapat dalam menu Data:


  • Graphics, menu Graphics berfungsi untuk menghasilkan grafik analisis statistik. Dengan menu ini, kita bisa menampilkan berbagai macam bentuk grafik atau diagram.  Ada Bar Chart, Dot Chart, Pie Chart, Histogram, Box Plot, Countour Plot, Scatter Matrix, grafik Distributional, Smoothing and densities, Regression diagnostic plots, time series graph, panel data line plots, survival analysis graphs, ROC Analyis, Multivariat analysis graphs, Quality Control, dan grafik statistik lainnya. Stata telah menyediakan berbagai macam jenis grafik yang sering digunakan dalam penelitian statistik. Berikut adalah gambat fitur lengkap dalam menu Graphics.
  • Statistics, nah ini menu yang berisi berbagai macam model analisis Statisik. Stata menyediakannya dengan sangat lengkap. Mari coba lihat ada model analisis apa saja yang disediakan oleh Stata dalam menu Statistic ini. Perhatikan gambar berikut:



    Dalam Summaries, tables, dan test, kita bisa menemukan alat untuk melakukan Summary and descriptive Statistics yang meliputi summary statistic, means, proportions, ratios, totals, pairwise comaprisons of mean, confidence intervals, normal CI calculator, Binomial CI calculator, Poisson CI calculator, Correlations and covairances, pairwise correlations, partial correlations, intraclass correlations, tetraconic correlations, arith/geometric/harmonic means, graph means/medians by groups, centiles with cls, create variable of percentiles, create varabls of quanties. Selain Summaries, tables, dan test, tentu di dalam menu ini terdapat banyak alat analisis statistik yang sangat dibutuhkan dalam penelitian. Silahkan eksplorasi!

  • User, menu user sepertinya berfungsi untuk menampilkan menu yang diinginkan oleh pengguna.
  • Windows, dalam Stata, tampilan bagian-bagian dihalaman Stata disebut Windows yang terdiri dari  Windows Command, Windows Result, Windows Review, Windows Variables, Windows Properties, Windows Graph, Windows Data Editor, Windows Do File Editor, dan Windows Variable Manager. Berikut gambarnya.


  • Help, menu Help berfungsi untuk mendapatkan bantuan mengenai permasalahan yang muncul. Stata memiliki database atau kamus yang lengkap dan sangat komunikatif dan mudah dipahami dalam menjelaskan permasalahan yang sering dihadapi oleh user, termasuk daftar syntax dan contoh penggunaannya. Oiya, Stata juga menyediakan semacam blog tempat diskusi para pengguna Stata loh. Ini blognya https://www.statalist.org/.

Selain menu-menu tersebut di atas ada beberapa tools yang perlu teman-teman ketahui, yaitu sebagai berikut:
  1. Tools untuk memunculkan Dofile


  2. Tools untuk memunculkan Data Editor


  3. Tools untuk memunculkan Variable Manager


Bagian dari Stata selenjutnya adalah Windows. Setidaknya terdapat 5 Wondows yang perlu kita ketahui.
  1. Windows Result, berfungsi untuk menampilkan hasil dari perintah atau command yang kita lakukan terhadap Stata. Hasil yang ditampilkan bisa berupa informasi keberhasilan/kegagalan sebuah command, tabel regresi, tabulasi data, dan lainnya.
  2. Windows Command, berfungsi sebagai tempat untuk menulis command. Jika kita menggunakan dofile, windows command tidak dipakai terlalu sering.
  3. Windows Review, berfungsi untuk menampilkan histori command atau perintah yang pernah dilakukan.
  4. Windows Variables, berfungsi untuk menampilkan semua informasi variabel yang digunakan dalam dataset. Di sini kita bisa melakukan perubahan nama dan label dari suatu variabel.
  5. Windows Properties, berisi informasi data yang ada dalam data set.
Baiklah, cukup sekian dulu pembahasan mengenai fitur-fitur yang ada dalam Stata sebagai pengenalan awal pada Stata. Selanjutnya kita akan membahas dofile dan dataset ya.

Selamat belajar teman-teman, dan tetap jaga kesehatan!

No comments:

Post a Comment

ruang diskusi:

Post Top Ad