Download Paper Jurnal Gratis - Kelas Ekonomika

Post Top Ad

Thursday, November 5, 2020

Download Paper Jurnal Gratis

Halo teman-teman mahasiswa/peneliti yang sedang mencari referensi untuk penulisan artikel/paper!! Hehe..

Untuk memenuhi kebutuhan dalam menulis landasan teori atau sekedar untuk mencari insight/ide saat akan melakukan penulisan artikel/paper, kita harus memilki bekal pengetahuan yang cukup. Dari mana bekal itu di dapat? Ya dari baca. Namun, sayangnya artikel/paper yang berkualitas sering kali tidak dapat dengan mudah (baca: GRATIS) untuk didapatkan. Ya GRATIS. Itu yang diinginkan oleh para mahasiswa atau peneliti yang tidak memiliki sponsor yang mumpuni.

Tidak perlu khawatir, di luaran sana telah banyak orang, yang entah dengan motif apa, telah menyediakan cara untuk mendapatkan itu semua. Tenang.

Mengenai isu legalitas, pasti ilegal. Tapi pemakluman yang biasa digunakan oleh para pemburu paper gratis adalah bahwa ini hanya digunakan untuk belajar, tidak untuk dijual-belikan. Rasanya tidak apa-apa kalau tidak mengambil keuntungan apapun, kecuali pengetahuan saja.

Ya kalau kalian bisa membayar sih ya itu lebih bagus. Namanya apresiasi kepada penulis/penerbit dan ilmu pengetahuan. Tapi, namanya mahasiswa, disuruh baca gratis aja belum tentu mau; apalagi disuruh bayar. Hihi.

Oke langsung aja, berikut beberapa situs yang menyediakan fasilitas download paper secara GRATIS. Cekidot!

  1. Library Genesis 
    Pernah digugat oleh Elsevier yang merupakan penerbit paper internasional, pada tahun 2015, dan diblokir oleh beberapa penyedia layanan internet di Inggris Raya, tetapi LibGen masih dapat beroperasi karena memiliki banyak situs mirror-nya. Untuk mendapatkan paper gratis, kalian bisa mengunjungi situs http://libgen.io  kemudian ketik kata kunci di dalam kotak pencarian. Kata kunci dapat berupa judul paper atau nama penulis. Apabila link tersebut tidak bisa, kalian bisa mencoba link mirrornya sebagai berikut:

  2. Sci-Hub
    Sci-Hub dibuat oleh seorang mahasiswa Kazakstan bernama Alexandra Elbakyan. Di beberap negara maju, situs ini diblokir. Tapi penggunanya telah mencapai 200.000 per hari. Untuk mendapatkan paper gratis, kalian bisa mengunjungi situsnya yaitu  http://sci-hub.tw kemudian masukkan nama penulis/judul paper, URL, atau DOI dari paper yang kalian inginkan.

    Apabila mengalami masalah, bisa dicoba melalui link mirrror berikut:
Situs Lainnya yang LEGAL

Selain dua situs yang sangat powerful tapi legalitasnya masih dipertanyakan di atas, ada juga situs penyedia layanan download paper yang legal. Namun tentu saja hanya paper yang terbuka saja yang dapat diunduh. Berikut beberapa situs tersebut:
Demikian informasi mengenai situs penyedia layanan download paper/artikel/makalah GRATIS. Semoga bermanfaat ya..

Selamat belajar teman-teman, dan jaga selalu kesahatan!!

No comments:

Post a Comment

ruang diskusi:

Post Top Ad