Tutorial Excel 2019: Pengenalan - Kelas Ekonomika

Post Top Ad

Wednesday, November 14, 2018

Tutorial Excel 2019: Pengenalan

Sudah pernah nyobain Excel 2019? Excel memang merupakan software spreadsheet yang sangat powerful untuk menyelasaikan berbagai macam pekerjaan. Rugilah kalau kita samapai tidak menguasai software milik Microsoft yang satu ini. Banyak sih software sejenis Excel yang telah tersedia yang dikembangkan oleh berbagai developer. Namun, Excel tetap menjadi software spreadsheet yang menjadi standar dunia untuk beberapa tahun.

Excel itu serba guna. Itulah yang membuat orang tetap bertahan menggunakan Excel. Kekuatan Excel tentu terdapat pada kemampuannya dalam melakukan perhitungan numerikal, tapi Excel juga mampu melakukan pekerjaan non numerikal.

Berikut adalah beberaa keguanaan dari Excel:
  • Mengoloah angka: Merencanakan anggaran, menghitung biaya, menganalisis hasil survey, mejalanakan analisis keuangan yang dibutuhkan oleh manejemen.
  • Membuat grafik: Excel dapat menciptakan berbagai macam grafik yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna.
  • Mengelola daftar (list): Baris dan kolom dalam Excel dapat digunakan untuk menyimpan daftar (list) secara efisien.
  • Memanipulasi text: Excel dapat membersihkan dan menstadarisasi data berbasis text.
  • Mengakses data: Excel da[at mengakses dari software lain dengan format file yang berbeda.
  • Membuat dasboard grafis: Excel dapat menyimpulkan dan menampilkan informasi bisnis yang luas dengan format yang ringkas.
  • Menciptakan diagram dan grafik: Dengan fitur shapes and SmartArt, Excel dapat digunakan untuk membuat diagram dengan tampilan yang profesional.
  • Otomatisasi tugas ang kompleks: Dengan kemampuan Macro, Excel dapat mengerjakan tugas yang berulang-ulang hanya dengan satu klik.
Apa yang baru dalam Excel 2019?


Relatif terhadap Excel 2016, berikut adalah beberapa fitur baru dala Excel 2019:
  • Bagan baru. Ada dua bagan baru yang terdapat dalam Excel 2019 yaitu Funnel Chart dan Map Chart.
  • Peningkatan fitur AutoComplete. Ketika mengetik sebuah formula, Excel akan dengan otomatis menampilkan beberapa opsi formula yang mengandung kata yang kita ketikkan. Misalya, ketika kita ingin menulis formula =Day, fitur AutoComplete pada Excel yang dulu hanya akan menampilkan list formula dangan kata Day di awal formula, misalnya Day dan Days360. Namun, sekarang, fitur autocomplete Excel akan menyediakan juga formula dengan kata Day yang terletak tidak hanya di awal, misalnya Networkdays, Today, dan lainnya.
  • Power Query dan Power Pivot. Excel 2019 menambahkan beberapa fitur kecil termasuk beberap connectors baru, pilihan filter baru, dan pilihan transformasi baru.
  • Tidak ada peringatan CSV. Excel 2019 tidak lagi memperingatkan pengguna akan hilangnya fitur jika tidak menyimpan file dalam bentuk CSV.
  • Ikon. Pada menu insert di Excel 2019 terdapat Icons Control dengan ikon "premade".
  • SVG images. Dalam excel 2019, pengguna dapat meng-insert gambar Scalable Vector Graphic (SVG)  dan bahkan menkonversinya menjadi Shapes.
  • Deselect cells. Jika kamu menyeleksi beberapa sel dengan menekan tombol Ctrl dan tidak sengaja menyeleksi terlalu banyak, fitur "deselect" akan sangat membantu dengan cara Ctrl + click.
  • PivotTabel Layout. Pengguna dapat menyimpan settingan PivotTabel sebagai tampilan default, dan semua PivotTabel baru yang dibuat akan otomatis menggunakan settingan tersebut.

Demikian sedikit pengenalan pada Excel 2019. Postingan selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang fungsi-fungsi yang terdapat dalam Excel 2019 dan cara penggunanya, antara lain: Bagaimana memulai dan mengedit worksheet data, Menjalankan operasi worksheet dasar, Bekerja dengan Excel Ranges and Tables, Memformat worksheets, Memahami Excel Files dan Templates, Mencetak worksheet, Kustomisasi tampilan antarmuka, Pengenalan Formulas dan Functions, Menggunakan formula untuk operasi matematika yang umum, Menggunakan formula untuk memanipulasi text, Menggunakan formula dengan Dates danTimes, Formula untuk Conditional Analysis, Menggunakan formula Matching and Lookups, Menggunakan formula dengan Financial Analysis, Menggunakan formula untuk Statistical Analysis, Mengunakan formula dengan Tables and Conditional, Memahami dan menggunakan Array Formulas, Membuat formula Error-Free, Memulai Excel Charts, Menggunakan teknik Advanced Charting, Membuat Sparkline Graphics, Visualisasi Custom Number Formats dan Shapes, Menerapkan Excel Dashboarding Best Practices, Import dan membersihkan data, menggunakan Data Validation, Membuat dan menggunakan Worksheet Outlines, Linking and Consolidating Worksheets, Perkenalan PivotTables, Analisis data dengan PivotTables, What-If Analysis, Analisis data dengan Goal Seeking and Solver, Menggunakan Analysis ToolPak, Melindungi pekerjaan, Pekenalan Power Pivot, Menggunakan langsung Internal Data Model, Menambahkan Formula ke Power Pivot, Perkenalan Power Query, Transformasi data dengan Power Query, Membuat query dengan Work Together, Enhancing Power Query Productivity, Perkenalan Visual Basic untuk aplikasi, Membuat Worksheet Functions, Membuat UserForms, Menggunkaan UserForm Controls dalam Worksheet, Bekerja dengan Excel Events, Contoh VBA, Membuat Custom Excel Add-Ins.

Referensi:
Excel 2019 Bible, Wiley.

Post Top Ad